Eksplorasi Elemen Digital Storytelling dalam Konten Gaming Youtube Kids

Authors

  • Birgitta Bestari Puspita Universitas Atma Jaya Yogyakarta
    Indonesia
  • Paulus A. Edvra

DOI:

https://doi.org/10.23917/komuniti.v16i1.4543

Keywords:

Audiens anak-anak, digital storytelling, konten gaming, YouTube Kids

Abstract

Konten-konten yang dapat diakses melalui YouTube Kids adalah konten yang memiliki target audiens anak-anak dengan karakter khusus yang perlu diperhatikan oleh pembuat konten agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh anak-anak. Penelitian terkait digital storytelling terutama pada konten game masih cukup sulit ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi elemen-elemen digital storytelling dalam konten game YouTube Kids, terutama konten game walkthrough atau konten panduan game. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif.  Konten yang dipilih adalah konten popular, berusia tidak lebih dari lima tahun yang video dan akun pembuatnya dapat secara khusus diakses melalui YouTube Kids. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua video yang ditujukan untuk anak-anak menerapkan elemen digital storytelling yang sesuai untuk anak, termasuk elemen yang sesuai dengan perkembangan moral anak. Penggunaan elemen-elemen dalam digital storytelling bisa menjadi preferensi narator cerita sehingga penggunaannya pun bisa berbeda antara satu narator dengan narator lainnya. Namun demikian, pertimbangan target audiens mestinya menjadi salah satu hal yang utama untuk diperhatikan oleh narator. Penelitian ini merupakan penelitian awal, akan tetapi sudah dapat memberikan gambaran terkait elemen digital storytelling dalam konten YouTube Kids terkait game walkthrough, yang dapat diperdalam dalam penelitian selanjutnya dalam topik khusus yang sama.

 

The contents accessible through YouTube Kids are designed for a child audience and feature specific characters. Content creators need to pay attention to these characters to ensure that the messages conveyed are well-received and understood by children. Research on digital storytelling, especially in the context of game content, is still relatively scarce. This study aims to explore the elements of digital storytelling in YouTube Kids game content, particularly in game walkthroughs or guide content. The research method employed is qualitative content analysis. The selected content includes popular videos, not more than five years old, and accounts that are specifically accessible through YouTube Kids. The results indicate that not all videos intended for children include appropriate digital storytelling elements, including those aligned with children's moral development. The use of elements in digital storytelling can vary depending on the story narrator's preferences, leading to differences between narrators. However, the consideration of the target audience should be a primary concern for narrators. While this study is preliminary, it provides insights into the digital storytelling elements in YouTube Kids content related to game walkthroughs, which can be further explored in subsequent research on the same specific topic.

Downloads

Submitted

2024-03-14

Accepted

2024-03-26

Published

2024-03-30