Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Pemanfaatan Herbal Sebagai Terapi Penunjang Diabetes Mellitus dan Hipertensi Di Wilayah Kampung Windan

Authors

  • Anita Sukmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lintang Titian Cahya
  • Purbandari Ajeng Sarweningtyas
  • Lintang Karengga Ihsani
  • Muhammad Bakhtiar
  • Palupi Finofasipa
  • Oktavia Permata Fenthiadewi

DOI:

https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v2i1.348

Keywords:

brosur, ceramah, diabetes, hipertensi, tanaman obat

Abstract

Penyakit diabetes mellitus (DM) dan hipertensi merupakan penyakit dengan angka kejadian yang tinggi di Indonesia maupun dunia. Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa warga Kampung Windan, Kelurahan Makamhaji, Kabupaten Sukoharjo, memerlukan pengetahuan terkait pemanfaatan tanaman sebagai obat herbal untuk terapi DM dan hipertensi. Tujuan dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman masyarakat terkait penggunaan tanaman untuk terapi penunjang pada penyakit DM dan hipertensi.

Kegiatan penyuluhan ini ditargetkan kepada ibu-ibu anggota PKK Kampung Windan RT 1 RW 8 Makamhaji sebagai peserta. Materi yang diberikan berupa pemanfaatan tanaman atau bahan yang mudah ditemukan dimasyarakat sekitar untuk dimanfaatkan sebagai terapi DM dan hipertensi. Penyampaian materi dilakukan dengan presentasi oral/ceramah dan brosur yang dibagikan kepada peserta. Untuk mengukur tingkat pemahaman peserta, beberapa pertanyan diberikan pada peserta untuk mengukur tingkat pemahaman dari peserta pada awal (pre-test) dan akhir (post-test) kegiatan penyuluhan. 

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya pemberian materi berupa ceramah dan brosur dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait penggunaan tanaman untuk terapi penunjang DM dan hipertensi yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai post test dibandingkan dengan nilai pre-test (p<0.05). Berdasarkan hasil pre-test dan post-test disimpulkan bahwa kegiatan pemberian ceramah dan brosur secara bermakna dapat meningkatkan pemahaman peserta terkait penggunaan tanaman untuk terapi penyakit degeneratif seperti hipertensi dan DM.  

Downloads

Submitted

2021-07-14

Accepted

2021-07-28

Published

2021-08-05

Issue

Section

Articles