Efektifitas Kombinasi Breathing Exercise dan Oxygen Water Tehadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Nafi’ah Nafi’ah Program Studi DIII Fisioterapi, Politeknik Unggulan Kalimantan
    Indonesia
  • Nazhipah Isnani Program Studi DIII Farmasi, Politeknik Unggulan Kalimantan
    Indonesia
  • Dewi Wulandari Unit Kemahasiswaan dan Alumni, Politeknik Unggulan Kalimantan
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.5038

Keywords:

Breathing Exercise, Oxygen Water, Konsentrasi

Abstract

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 telah mengubah aktivitas belajar mengajar mahasiswa yang kini dilakukan secara online maupun offline. Semua kegiatan belajar mengajar mahasiswa tetap berjalan dengan berbagai penyesuaian. Keberlangsungan kegiatan belajar mengajar ini tetap menuai pro dan kontra hingga terdapat beragam dampak positif dan negatif seperti tingginya rasa jenuh yang mengakibatkan stress hingga kehilangan konsentrasi belajar mahasiswa. Penurunan konsentrasi ini harus ditangani  dengan benar agar tidak menimbulkan efek negatif berkepanjangan. Studi yang telah dilakukan terdahulu menunjukkan bahwa breathing exercise dan oxygen water efektif digunakan untuk memperbaiki gangguan konsentrasi belajar. Namun tidak ditemukan penelitian yang mengkombinasikan kedua intervensi tersebut.  

Tujuan: Peneliti ingin mengidentifikasi tingkat konsentrasi belajar mahasiswa setelah diberikan kombinasi breathing exercise dan oxygen water.

Metode Penelitian: Jenis  penelitian  yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pre and post with control group design. Jumlah sampel adalah 20 Responden yang dipilih berdasarkan nilai Concentration Grid Test > 15, kemudian sampel dibagi secara acak menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Uji Normalitas menggunakan shapiro wilk test dan uji signifikansi menggunakan paired sample T-Test.

Hasil Penelitian: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil nilai signifikansi P=0,000 (P>0,05)

Kesimpulan: Adanya pengaruh Breathing Exerise dan Oxygen water untuk memperbaiki gangguan konsentrasi belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argaheni, N. B. 2020. ‘Systematic Review : The Impact of Online Lectures during the COVID-19 Pandemi Against Indonesian Students’. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2).

Borge, C. R. et al. . 2014. ‘Effects of controlled breathing exercises and respiratory muscle training in people with chronic obstructive pulmonary disease : results from evaluating the quality of evidence in systematic reviews’. BMC Pulmonary Medicine Journal. 14(1), pp. 2–15.

Bilo, G. et al. .2012. ‘Effects of Slow Deep Breathing at High Altitude on Oxygen Saturation , Pulmonary and Systemic Hemodynamics. Journal.pone., 7(11), pp. 1–7. 0049074.

Brenda N. E. Pelealu, maya E. W Moningka dan Jimmy F. Rumampuk. 2015. "Pengaruh Air Mineral dan Air Minum Beroksigen Terhadap Saturasi Oksigen Darah Pesenam Zumba". Jurnal EBiomedik. 3(1),2015: 390-393.

Dewi, E. U. 2020 ‘Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran daring Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya, Jurnal Keperawatan Stikes William Both. 04(20).

Kusumawardhani, S., Ajeng L. 2020. Analisi Konsentrasi Air Putih Terhadap Konsentrasi Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2),pp 91-95.

Liviana, PH, Mubin, M. F. and Basthomi, Y. 2020.“ tugas pembelajaran penyebab stres mahasiswa selama pandemi covid-19’. Journal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), pp. 203–208.

Ma, X. et al. 2017. ‘The Effect of Diaphragmatic Breathing on Attention , Negative Affect and Stress in Healthy Adults’. Frontier in Psychology Journal, 8(June), pp. 1–12.

Pangestuti, S. D. and Widayati, N. 2015. ‘Pengaruh Diaphragmatic Breathing Exercise terhadap Fungsi Pernapasan ( RR dan APE ) pada Lansia di UPT PSLU Kabupaten Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan (PK), 3 (1), pp. 74–81.

Pratama, I.Y., Janry, L.S., Henny E.S.O. 2017. Korelasi Antara Kadar Hemoglobin Dengan Tingkat Konsentrasi Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas KedokteranUniversitas HKBP Nommensen Medan .Nommensen Journal of Medicine. Volume 3(2):pp 58-62.

Purba, L.S.L. 2020. Pengaruh Kandungan Oksigen Udara Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal EduMatSains, 4(2) Januari 2020, 169-182

Riinawati, 2020. Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid -19 Studi Kasus Sdn Karang Mekar 4 Banjarmasin. Lhokseumawe: CV Radja Publika.

Saputro, UE. 2015. Air Minum Peroksigen Melalui Oksigenasi. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institute Teknologi Bandung. Journal Polsri, 2015: 1-12.

Sari, M. K. 2020. ‘Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat Satu Dalam Menghadapi Wabah Covid 19 Dan Perkuliahan Daring Di Stikes Karya Husada Kediri.Jurnal Ilmiah Pamenag, pp. 31–35.

Scholey, A. B. et al. 2020. ‘Oxygen Administration and Acute Human Cognitive Enhancement : Higher Cognitive Demand Leads to a More Rapid Decay of Transient Hyperoxia’. Journal of Cognitive Enhancement, pp. 94–99.

Downloads

Submitted

2024-05-12

Published

2024-06-08

How to Cite

Nafi’ah, N., Isnani, N., & Wulandari, D. (2024). Efektifitas Kombinasi Breathing Exercise dan Oxygen Water Tehadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 4(2), 170–175. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.5038

Issue

Section

Articles