Efektifitas Kombinasi Breathing Exercise dan Oxygen Water Tehadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.5038Keywords:
Breathing Exercise, Oxygen Water, KonsentrasiAbstract
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 telah mengubah aktivitas belajar mengajar mahasiswa yang kini dilakukan secara online maupun offline. Semua kegiatan belajar mengajar mahasiswa tetap berjalan dengan berbagai penyesuaian. Keberlangsungan kegiatan belajar mengajar ini tetap menuai pro dan kontra hingga terdapat beragam dampak positif dan negatif seperti tingginya rasa jenuh yang mengakibatkan stress hingga kehilangan konsentrasi belajar mahasiswa. Penurunan konsentrasi ini harus ditangani dengan benar agar tidak menimbulkan efek negatif berkepanjangan. Studi yang telah dilakukan terdahulu menunjukkan bahwa breathing exercise dan oxygen water efektif digunakan untuk memperbaiki gangguan konsentrasi belajar. Namun tidak ditemukan penelitian yang mengkombinasikan kedua intervensi tersebut.
Tujuan: Peneliti ingin mengidentifikasi tingkat konsentrasi belajar mahasiswa setelah diberikan kombinasi breathing exercise dan oxygen water.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pre and post with control group design. Jumlah sampel adalah 20 Responden yang dipilih berdasarkan nilai Concentration Grid Test > 15, kemudian sampel dibagi secara acak menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Uji Normalitas menggunakan shapiro wilk test dan uji signifikansi menggunakan paired sample T-Test.
Hasil Penelitian: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil nilai signifikansi P=0,000 (P>0,05)
Kesimpulan: Adanya pengaruh Breathing Exerise dan Oxygen water untuk memperbaiki gangguan konsentrasi belajar mahasiswa.
Downloads
References
Argaheni, N. B. 2020. ‘Systematic Review : The Impact of Online Lectures during the COVID-19 Pandemi Against Indonesian Students’. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2).
Borge, C. R. et al. . 2014. ‘Effects of controlled breathing exercises and respiratory muscle training in people with chronic obstructive pulmonary disease : results from evaluating the quality of evidence in systematic reviews’. BMC Pulmonary Medicine Journal. 14(1), pp. 2–15.
Bilo, G. et al. .2012. ‘Effects of Slow Deep Breathing at High Altitude on Oxygen Saturation , Pulmonary and Systemic Hemodynamics. Journal.pone., 7(11), pp. 1–7. 0049074.
Brenda N. E. Pelealu, maya E. W Moningka dan Jimmy F. Rumampuk. 2015. "Pengaruh Air Mineral dan Air Minum Beroksigen Terhadap Saturasi Oksigen Darah Pesenam Zumba". Jurnal EBiomedik. 3(1),2015: 390-393.
Dewi, E. U. 2020 ‘Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran daring Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya, Jurnal Keperawatan Stikes William Both. 04(20).
Kusumawardhani, S., Ajeng L. 2020. Analisi Konsentrasi Air Putih Terhadap Konsentrasi Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2),pp 91-95.
Liviana, PH, Mubin, M. F. and Basthomi, Y. 2020.“ tugas pembelajaran penyebab stres mahasiswa selama pandemi covid-19’. Journal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), pp. 203–208.
Ma, X. et al. 2017. ‘The Effect of Diaphragmatic Breathing on Attention , Negative Affect and Stress in Healthy Adults’. Frontier in Psychology Journal, 8(June), pp. 1–12.
Pangestuti, S. D. and Widayati, N. 2015. ‘Pengaruh Diaphragmatic Breathing Exercise terhadap Fungsi Pernapasan ( RR dan APE ) pada Lansia di UPT PSLU Kabupaten Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan (PK), 3 (1), pp. 74–81.
Pratama, I.Y., Janry, L.S., Henny E.S.O. 2017. Korelasi Antara Kadar Hemoglobin Dengan Tingkat Konsentrasi Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas KedokteranUniversitas HKBP Nommensen Medan .Nommensen Journal of Medicine. Volume 3(2):pp 58-62.
Purba, L.S.L. 2020. Pengaruh Kandungan Oksigen Udara Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal EduMatSains, 4(2) Januari 2020, 169-182
Riinawati, 2020. Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid -19 Studi Kasus Sdn Karang Mekar 4 Banjarmasin. Lhokseumawe: CV Radja Publika.
Saputro, UE. 2015. Air Minum Peroksigen Melalui Oksigenasi. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institute Teknologi Bandung. Journal Polsri, 2015: 1-12.
Sari, M. K. 2020. ‘Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat Satu Dalam Menghadapi Wabah Covid 19 Dan Perkuliahan Daring Di Stikes Karya Husada Kediri.Jurnal Ilmiah Pamenag, pp. 31–35.
Scholey, A. B. et al. 2020. ‘Oxygen Administration and Acute Human Cognitive Enhancement : Higher Cognitive Demand Leads to a More Rapid Decay of Transient Hyperoxia’. Journal of Cognitive Enhancement, pp. 94–99.
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fisio Mu : Physiotherapy Evidaces Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with FISIO MU: Phsiotherapy Evidences agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Author(s) are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.