Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Authors

  • Adnan Faris Naufal Program Studi Sarjana Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eri Fersiana Safitri Program Studi Sarjana Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Atikah Nurulinsani Program Studi Sarjana Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Hafizhah Putri Ilma Darojati Program Studi Sarjana Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Arif Pristianto Perogram Studi Profesi Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Taufik Eko Susilo Perogram Studi Profesi Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Almas Awanis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.5036

Keywords:

ADHD, gadget, durasi, anak usia 4-6 tahun

Abstract

Latar Belakang: Durasi penggunaan gadget yang disarankan untuk anak usia 4-6 tahun oleh American Academy of Pediatrics adalah tidak lebih dari 1 jam per hari. Menggunakan gadget dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan masalah bagi anak, seperti meningkatkan risiko gejala ADHD. Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) didefinisikan sebagai gangguan perkembangan yang ditandai dengan kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan gadget dengan gejala ADHD pada anak usia 4-6 tahun. Metode Penelitian: Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kuesioner yang digunakan adalah ADHD RS-5 dan kuesioner durasi penggunaan gadget. Pengolahan data menggunakan analisis bivariat dan univariat. Hasil Penelitian: Hasil korelasi menggunakan uji Spearman rho diperoleh nilai r sebesar 0,427 dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Sehingga dapat diartikan bahwa ada hubungan antara lama penggunaan gadget dengan gejala ADHD pada anak usia 4-6 tahun dan memiliki hubungan yang sedang karena koefisien korelasinya sebesar 0,427.

Downloads

Download data is not yet available.

References

adshaw, L. G., & mal, M. (2017). Prevalence of ADHD in Qatari School-Age Children. Journal of Attention Disorders, 21(5), 442–449. https://doi.org/10.1177/1087054713517545 DOI: https://doi.org/10.1177/1087054713517545

Ayano, G., Yohannes, K., & Abraha, M. (2020). Epidemiology of attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) in children and adolescents in Africa: A systematic review and meta-analysis. Annals of General Psychiatry, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12991-020-00271-w DOI: https://doi.org/10.1186/s12991-020-00271-w

DuPaul, G. J., Power, T. J., Anastopoulos, A. D., & Reid, R. (2016). ADHD Rating Scale-5 for children and adolescents: Checklists, norms, and clinical interpretation. In ADHD Rating Scale-5 for children and adolescents: Checklists, norms, and clinical interpretation. https://www.guilford.com/books/ADHD-Rating-Scale-5-for-Children-and-Adolescents/DuPaul-Power-Anastopoulos-Reid/9781462524877/technical-information DOI: https://doi.org/10.1037/t05638-000

Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget TerhGunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial. Skripsi, 1–68. http://eprints.undip.ac.id/55141/adap Perkembangan Sosial. Skripsi, 1–68. http://eprints.undip.ac.id/55141/

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Survey Penggunaan Smartphone Pada Siswa Usia Dini Di Lembaga Pendidikan Raudhatul Athfal (Ra). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jung, H., Woo, Y. J., Kang, J. W., Choi, Y. W., & Kim, K. M. (2014). Visual perception of ADHD children with sensory processing disorder. Psychiatry Investigation, 11(2), 119–123. https://doi.org/10.4306/pi.2014.11.2.119 DOI: https://doi.org/10.4306/pi.2014.11.2.119

Kabali, H. K., Irigoyen, M. M., Nunez-Davis, R., Budacki, J. G., Mohanty, S. H., Leister, K. P., & Bonner, R. L. (2015). Exposure and use of mobile media devices by young children. Pediatrics, 136(6), 1044–1050. https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151 DOI: https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia Dini Saat Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak Pusat Studi Gender Dan Anak (PSGA), 4(1).

Mokobane, M., Basil J., P., & Anneke, M. (2019). Fine motor deficits and attention deficit hyperactivity disorder in primary school children. The South African Journal of Psychiatry : SAJP : The Journal of the Society of Psychiatrists of South Africa, 25, 1232., Dcd, 1–7. https://doi.org/10.4102/sajpsychiatry.v25i0.1232 DOI: https://doi.org/10.4102/sajpsychiatry.v25i0.1232

Naufal, A. F., Islamiatun, Z. K., Zahra, N. A., Karyanto, M. D., Dharmawan, Y. A. T., & Pristianto, A. (2023, January). Buku Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 1-11).

Naufal, A. F., & Ardiani, S. D. (2022). Hubungan Kemampuan Fungsi Motorik Anak Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun. Jurnal Kesehatan, 15(1), 60-67. DOI: https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.17226

Niiranen, J., Kiviruusu, O., Vornanen, R., Saarenpää-Heikkilä, O., & Juulia Paavonen, E. (2021). High-dose electronic media use in five-year-olds and its association with their psychosocial symptoms: A cohort study. BMJ Open, 11(3), 1–9. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-040848 DOI: https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-040848

Novita, D., Wardani, D. W. S. R., & Kurniawaty, E. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget (Smartphone) Dengan Suspek Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Di SD Al Kautsar Bandar Lampung. Majority, 8(1), 108–114.

Nurhayati, I. N. D. A. H., Widyaningsih, E., & Subagyo, A. (2017). Pertumbuhan Dan Tingkat Morbiditas Pada Bayi Usia 7-12 Bulan Berdasarkan Status Pemberian Asi Di Wilayah. Jurnal Kesehatan Ums. DOI: https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i1.5492

Núñez-Jaramillo, L., Herrera-Solís, A., & Herrera-Morales, W. V. (2021). Adhd: Reviewing the causes and evaluating solutions. Journal of Personalized Medicine, 11(3), 1–25. https://doi.org/10.3390/jpm11030166 DOI: https://doi.org/10.3390/jpm11030166

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47. DOI: https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.48

Pristianto, A., Putri, H., Darojati, I., Nurhandrita, Z. P., Arza, A., & Rahayu, A. D. (2022). Deteksi Dini Terkait Flat Foot di KB Tk Al-Quran Terpadu Bintangku Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(1), 19–24. DOI: https://doi.org/10.36341/jpm.v6i1.2616

Pristianto, A., Damayanti, A., Suryani, N., Rahman, F., & Setiyaningsih, R. (2019). Upaya Pencegahan Dan Edukasi Gangguan Postur Pada Siswa Sdn 03 Pabelan Sukoharjo. The 9th University Research Colloqium (Urecol), 9(1).

Rahman, F., Anam, A. A., & Trisnaningrum, D. A. (2021). Program Fisioterapi Berbasis Play Exercise untuk Perkembangan Motorik pada Anak dengan Delay Development: Studi Kasus. Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education, 2(2), 61-70.

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297 DOI: https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Statistik, B. P. (2020). Pandemi Covid-19 Dorong Anak-anak Aktif Menggunakan Ponsel. 16 April, 2020.

Stiglic, N., & Viner, R. M. (2019). Effects of screentime on the health and well-being of children and adolescents: A systematic review of reviews. BMJ Open, 9(1). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-023191 DOI: https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-023191

Susilowati, I. H., Nugraha, S., Alimoeso, S., & Hasiholan, B. P. (2021). Screen Time for Preschool Children : Learning from Home during the COVID-19 Pandemic. https://doi.org/10.1177/2333794X211017836 DOI: https://doi.org/10.1177/2333794X211017836

Tamana, S. K., Ezeugwu, V., Chikuma, J., Lefebvre, D. L., Azad, M. B., Moraes, T. J., Subbarao, P., Becker, A. B., Turvey, S. E., Sears, M. R., Dick, B. D., Carson, V., Rasmussen, C., Pei, J., & Mandhane, P. J. (2019). Screen-time is associated with inattention problems in preschoolers: Results from the CHILD birth cohort study. PLoS ONE, 14(4), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0213995 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0213995

Tanoyo, D. P. (2013). Diagnosis dan Tata Laksana Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder. E-Journal Medika Udayana, 2(7), 1–19. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=82563&val=970

Toghyani, R., Sharafi Shorabi, F., Sharafi Shorabi, H., & Ghahraman Tabrizi, S. H. (2015). Check the status of the development of children under age 5 in rural areas of Isfahan using the ASQ questionnaire in 2012-2013 year. Journal of Medicine and Life, 8(Spec Iss 4), 169–173. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28316726%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5319284

Vaidyanathan, S., Manohar, H., Chandrasekaran, V., & Kandasamy, P. (2020). Screen Time Exposure in Preschool Children with ADHD: A Cross-Sectional Exploratory Study from South India. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(2), 125–129. https://doi.org/10.1177/0253717620939782 DOI: https://doi.org/10.1177/0253717620939782

Wasliah, I., Pratiwi, E. A., & Pradnyantayani, N. L. P. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Anak Usia Prasekolah Di Paud Cempaka Desa Batu Mekar Lingsar. PrimA: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2). http://id.stikes-mataram.ac.id/e-journal/index.php/JPRI/article/view/178/143 DOI: https://doi.org/10.47506/jpri.v6i2.178

Downloads

Submitted

2024-05-12

Published

2024-07-01

How to Cite

Naufal, A. F., Safitri, E. F., Nurulinsani, A., Darojati, H. P. I., Pristianto, A., Susilo, T. E., & Awanis, A. (2024). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 4(2), 152–160. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.5036

Issue

Section

Articles