Pengaruh Penambahan Back School Terhadap Penurunan Nyeri dan Peningkatan Kemampuan Fungsional Pada Kondisi Low Back Pain Myogenik

Authors

  • Agus Setiyawan Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Umi Budi Rahayu Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/fisiomu.v2i1.4964

Keywords:

low back pain, back school, SWD, TENS

Abstract

Latar Belakang Low back pain (LBP) atau nyeri  punggung  bawah  termasuk salah satu dari gangguan muskuloskeletal serta akibat dari mobilisasi yang salah. LBP menyebabkan timbulnya rasa pegal linu ngilu atau tidak enak pada daerah lumbal bahkan sacrum nyeri punggung bawah dapat disebabkan pula oleh strain otot-otot vertebra HNP spondylosis spondylolisis myogenik tumor vertebra infeksi.

Tujuan Untuk mengetahui pengaruh penambahan Back School setelah pemberian SWD dan TENS terhadap penurunan nyeri dan peningkatan kemampuan fungsional pada penderita LBP myogenik.

Metode Penelitian Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment yang sering disebut eksperimen semu dengan desain penelitian Pre post test with control design. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer yaitu dengan melakukan pengumpulan data sebelum dan sesudah intervensi.

Hasil Berdasarkan uji pengaruh SWD TENS dan Back School terhadap penurunan nyeri dan kemampuan fungsional, terlihat bahwa pada T2 T6 dimana p value kurang dari 0.05  maka Ho ditolak yang artinya ada pengaruh terapi SWD TENS dan Back School terhadap penurunan nyeri dan peningkatan  kemampuan fungsional.

Kesimpulan Terapi pemberian SWD dan TENS saja maupun terapi pemberian SWD TENS dan penambahan Back School berpengaruh terhadap penurunan nyeri dan peningkatan kemampuan fungsional namun pemberian SWD TENS dan Back School lebih efektif dan mempercepat kesembuhan daripada terapi SWD dan TENS saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kamal, Y. (2015). Lower Back Pain; Evolution of Back School Therapy. J Spine 4: 238.doi:10.4172/21657939.1000238.

Khan S, Shamsi S, Abdelkader S. (2013). Comparative Study of Short Wave Diathermy and Exercise Together and Exercise Alone in the Management of Chronic Back Pain. International Journal of Health Sciences and Research, Vol.3; Issue 9.

Miller, Grace Candler; , Wayland Tseh;. (2016). Effectiveness of TENS on Quadriceps Muscular Endurance during Weight Bearing Exercise. SciMedCentral, 1-4.

Noormohammadpour P, Borghei A, Mirzaei S, Mansournia MA, Ghayour M, Kordi M, Kordi R, MD. (2018). The Risk Factors of Low Back Pain in Female High School Students. SPINE Volume 44, Number 6, pp E357–E365.

Downloads

Submitted

2024-05-11

Published

2024-06-08

How to Cite

Setiyawan, A., & Rahayu, U. B. (2024). Pengaruh Penambahan Back School Terhadap Penurunan Nyeri dan Peningkatan Kemampuan Fungsional Pada Kondisi Low Back Pain Myogenik. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v2i1.4964

Issue

Section

Articles