SOSIALISASI KEKERASAN FISIK PADA ANAK DISABILITAS DENGAN MEDIA VIDEO EDUKASI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA

Authors

  • Ayu Khoirotul Umaroh Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wanda Averillia Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/berkawan.v1i2.6882

Keywords:

kekerasan fisik, disabilitas, pengabdian masyarakat

Abstract

Satu dari tiga anak penyandang disabilitas di dunia pernah mengalami kekerasan, baik secara fisik, seksual, dan emosional dan penelantaran. Dilansir dari Medical Xpress, menemukan bahwa anak-anak dan remaja (usia 0-18 tahun) dengan disabilitas mengalami kekerasan fisik pada tingkat yang jauh lebih tinggi dari pada mereka yang tidak disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa disabilitas mengenai kekerasan fisik, metode yang digunakan yaitu pengisian pre-test dan post-test, dari hasil pre-test didapatkan nilai rata-rata sebanyak 87,6 % dan untuk setelah diberikan materi edukasi dilakukan pengisian post-test yang didapatkan hasil rata-rata sebanyak 92.3% jadi dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa terdapat peningkatan setelah diberikan video edukasi terkait kekerasan fisik, kesimpulan bahwa kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa disabilitas dalam materi kekerasan fisik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2024-10-15

Published

2024-05-01

Issue

Section

Articles