Edukasi Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Santri Pondok Pesantren Al-Islahuddiny, Kediri, Kabupaten Lombok Barat

Authors

  • Niken Purnamasari Purnamasari Ambarwati
    Indonesia
  • Ambarwati Ambarwati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v3i2.424

Keywords:

PHBS, Pondok Pesantren

Abstract

Hidup bersih dan sehat merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Kondisi sehat dapat dicapai dengan mengubah perilaku dari yang tidak sehat menjadi perilaku sehat dan menciptakan lingkungan sehat di rumah rumah tangga. Beberapa laporan riset kesehatan sebelumnya diketahui bahwa pada tatanan rumah tangga yang telah menerapkan PHBS belum menunjukkan hasil yang optimal yaitu sebesar  38,7%. Menurut penelitian diketahui bahwa pengetahuan masyarakat tentang PHBS adalah 36.2 % baik, 39,2 % cukup dan 24,6 % kurang. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, maka diperlukan penyuluhan kesehatan dengan media yang tepat agar mudah dipahami sehingga berpengaruh pada perubahan pengetahuan dan sikap. Penyuluhan ini dilakukan kepada Santri Pondok Pesantren Al-Islahuddiny, Kediri, Kabupaten Lombok Barat berjumlah 30 peserta. Metode yang digunakan adalah : (1) ceramah terdiri penyampaian materi dan praktik langsung (2) Brain Storming terdiri dari penyampaian pendapat peserta mengenai materi yang diberikan. Media yang kita gunakan adalah slide power point dan video karena  mudah dalam pembuatan serta dapat memuat gambar maupun pesan kata-kata. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan Santri tentang PHBS di Pondok Pesantren Al-Islahuddiny ditandai dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada pretest artinya kegiatan penyuluhan kesehatan efektif untuk meningkatkan peran, pengetahuan, dan sikap santri sehingga dapat mengubah perilaku menjadi lebih sehat dan bersih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Kesehatan Surakatra. (2018). Jumlah Kasus HIV di Surakarta. Surakarta : Dinas Kesehatan Surakarta.

Guna, A. M., & Amatiria, G. (2015). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Upaya Mencegah Penyakit Kulit Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda. Jurnal Keperawatan, 11(1), 7–14.

Jaya, S. T., Wulandari, R. F., & Susiloningtyas, L. (2021). Pendidikan Kesehatan PHBS Kader Kesehatan Era New Normal di Desa Darungan. Journal of Community Engagement in Health, 4(1), 162-166.

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Nasution, A. S. (2020). Edukasi PHBS di Tatanan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perilaku Sehat. Jurnal Abdidas, 1(2), 28-32.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Paula, V., Sitanggang, Y. F., Siregar, D., Indah, E., & Valentina, D. (2019). Edukasi Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Anak Sekolah Minggu HKBP PPGS. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 423-429.

Rahman, H., & La Patilaiya, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 251-258.

Richardson, G. E. (2002). The Metatheory of Resilience and Resiliency. Journal of Clinical Psychology, Vol. 58, 307- 321

Rosidin, U., Shalahuddin, I., & Eriyani, T. (2020). Pendidikan Kesehatan Tentang PHBS Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kader Di Desa Jayaraga Garut. Malahayati Nursing Journal, 2(1), 83-90.

Downloads

Submitted

2021-11-29

Published

2024-09-04

Issue

Section

Articles