Pelatihan Pengolahan Produk Pangan Berbasis Jagung Sebagai Upaya Meminimalisir Kasus Stunting di Desa Dasan Tapen

Authors

  • Isma Rinanda Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sarjito Sarjito Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v3i2.422

Keywords:

Susu Jagung, Stunting, Covid-19

Abstract

Desa Dasan Tapen memiliki potensi lokal yang dapat dikembangkan dan diberikan inovasi. Salah satu potensi lokal di Desa Dasan Tapen adalah jagung. Jagung banyak ditanam disekitar desa. Jagung dimanfaatkan sebagai penambah gizi seimbang yang berguna untuk meminimalisir hingga mencegah kasus stunting. Susu jagung merupakan bahan makanan nabati dan sumber protein. Sumber protein yang berada dalam 100 gram jagung mengandung 9,2 gram protein. Protein sangat membantu membentuk jaringan otot baru dan meningkatkan kerja sel dalam tubuh. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.Tujuan dilakukan kegiatan ini yaitu untuk kemudian hari membuat warga Desa Dasan Tapen menjadi sadar akan pentingnya gizi seimbang yang dikonsumsi guna meminimalisir kasus stunting dan menjaga pola hidup sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurul, A. (2019). KAJIAN SIFAT KIMIA DAN ORGANOLEPTIK NUGGET TAHU PADA BERBAGAI PERSENTASE PENAMBAHAN BUBUR RUMPUT LAUT (Eucheuma cottoni) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Badan Ketahanan Pangan. (2012). Pedoman Program Desa Mandiri Pangan. Departemen Republik Indonesia.

Koswara, S. (2009). Teknologi Pengolahan Jagung (Teori dan Praktek). eBook Pangan.

Loekito, O. P., Marsono, Y., & Srianta, I. (2017). Pengaruh waktu pengukusan jagung kuning hibrida dan lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung terhadap sifat fisik dan organoleptiknya. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition), 12(2), 95-100.

Mahmudiono, T., Sumarmi, S., & Rosenkranz, R.R., (2017). Household dietary diversity and child stunting in East Java, Indonesia.diversity and child stunting in East Java, Indonesia. Asia Asia Pacific Pacific Journal Journal of Clinical Nutrition Clinical Nutrition, 2626(2). 317-325.

Sofiana, L. (2019). STUNTING. Yogyakarta: CV Mine.

Suarni dan S. Widowati. (2007). Struktur, komposisi, dan nutrisi jagung. Bagian Buku Jagung. Puslitbang Tanaman Pangan.

Downloads

Submitted

2021-11-29

Published

2024-09-04

Issue

Section

Articles