http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/issue/feed Abdi Psikonomi 2021-02-06T00:42:08+00:00 Eskasari Putri abdipsikonomi@gmail.com Open Journal Systems <p>ABDI PSIKONOMI is a scientific journal managed by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMS. The journal focuses its attention on a wide range of topics including psychology, management, accounting, economics, and Islamic. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. In the following year of publication, the journal is going to publish quarter. Any interested author could submit the manuscript following the submission guidelines.</p> http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/257 Pelatihan Tahsin guna Mengurangi Kesalahan dalam Membaca Al-Quran bagi Pengajar TPA di Masjid Hishoh Muhammad Al-Husainy Sendang, Ngerangan, Bayat, Klaten 2021-01-27T02:45:12+00:00 Nurul Latifatul Inayati nl122@ums.ac.id Toyib Toyib Toyib@gmail.com Muhammad Azmi Hamid Hamid@ums.ac.id <p>Masjid Hishoh Muhammad Al-Husainy adalah salah satu masjid yang memiliki Pendidikan Al-Qur'an untuk Anak (TPA) yang terbuka untuk semua anak di sekitar masjid yang memiliki minat belajar mengaji. Mahasiswa yang belajar mengaji di masjid ini cukup banyak. tenaga pengajar terdiri dari siswa yang sudah selesai belajar dan telah memasuki usia remaja. Tidak adanya standar pembelajaran yang jelas dan guru Al-Qur'an yang kompeten membuat kualitas bacaan Al-Qur'an di masjid ini rendah. Masalah ini semakin membesar karena ditambah dengan maraknya penggunaan smartphone oleh remaja di masjid. Hal ini menyebabkan proses belajar mengaji mereka terhambat. Hasil dari kegiatan ini adalah pelatihan tahsin yang berorientasi pada peningkatan pemahaman dan pembacaan Al-Qur'an bagi para guru Al-Qur'an di masjid. Urgensi program ini adalah: a) pelatihan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan remaja masjid sebagai guru Al-Qur'an dalam membaca Al-Qur'an; b) Pelatihan ini juga bertujuan untuk lebih mendekatkan diri pada Al-Qur'an sebagai upaya meningkatkan interaksi diri dengan Allah Ta'ala melalui Al-Qur'an.</p> 2021-02-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/183 pembinaan Pembinaan karakter Muslimah melalui Kajian Tafsir bagi Ummahat di Lingkungan Sekitar Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta 2021-01-19T04:11:19+00:00 Alfi azizah aa650@ums.ac.id Siti Nur Khatimah Khatimah@ums.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Ibu atau biasa disebut dengan istilah ummahat mempunyai peranan penting dalam membentuk &nbsp;karakter masyarakat. Dalam Islam, seorang ibu memainkan peran sentral dalam membangun karakter keluarga yang ia bina. Dan selanjutnya dari keluarga yang berkarakter Islami inilah, akan terbentuk baldatun thoyyibatun seperti yang tertulis didalam Al-Qur`an. Kajian tafsir ummahat, dengan metode ceramah dan dialog interaktif, adalah salah satu upaya yang dilakukan dengan tujuan membekali para ummahat dalam memahami Al-Qur`an dengan benar, dan kemudian menjadikan nilai-nilai Al-Qur`an dan As-Sunnah sebagai karakter diri, keluarga dan masyarakat. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman akan nilai-nilai Al-Qur`an terutama pada surat Al-Muzammil ayat 1- 13 tentang kedudukan ibadah sunnah yaitu &nbsp;qiyamul lail sebagai pembentuk karakter diri dalam menyebarkan dakwah Islam sekaligus peningkatan kwalitas diri dan &nbsp;derajat seorang hamba disisi Allah swt. Dengan peningkatan pemahaman inilah, diharapkan dapat memotivasi ummahat untuk memaksimalkan peran dalam rangka membangun keluarga dan masyarakat Islami idaman. </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Kata kunci : Pembinaan, karakter Muslimah, kajian tafsir</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2021-02-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/177 Pelatihan Digital Bagi Siswa MIM Pondok Klaten 2020-08-11T02:13:20+00:00 Aflit Nuryulia Praswati anp122@ums.ac.id Imronudin Imronudin Imronudin@ums.ac.id Vita Ardiyantiningsih Ardiyantiningsih@ums.ac.id Muhammad Yusuf Abdhul Fatah Fatah@ums.ac.id <p>Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan maka dari itu pentingnya pengembangan sistem pendidikan sesuai pada era nya. Perkembangan pendidikan tidak lepas dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini karena secara tidak langsung telah mengubah tatanan dari berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik. Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini ialah sistem pembelajaran yang inovatif, kesiapan sdm, dan ketersediaan sarana prasarana. Hasil analisis situasi kegiatan pengabdian masyarakat ini menerangkan minimnya kondisi pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) bagi murid sekolah dasar. Kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital dalam bentuk edukasi atau pemahaman cara kerja mesin dan aplikasi teknologi. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah murid-murid mim pondok kelas 4 sampai kelas 6 di Desa Pondok, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan pelatihan digital ditunjang dengan metode ceramah partisipatoris, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan melakukan pendampingan pada murid. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan digital yang telah dilakukan oleh murid mim pondok kelas 4 sampai dengan 6 mencapai hasil yang memuaskan. Setelah megikuti pelatihan tersebut para murid kelas 4 sampai dengan kelas 6 sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi <em>Microsoft Word</em> dan <em>Microsoft Excel</em>. Pelatihan digital tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi murid-murid MIM Pondok dalam mengoperasikan komputer dan meningkatkan keterampilan dalam penguasaan menggunakan aplikasi <em>Microsoft Word</em> dan <em>Microsoft Excel</em> serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pendidikan berupa rasa ingin tahu, kreatif, dan komunikatif.</p> <p>Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan maka dari itu pentingnya pengembangan sistem pendidikan sesuai pada era nya. Perkembangan pendidikan tidak lepas dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini karena secara tidak langsung telah mengubah tatanan dari berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik. Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini ialah sistem pembelajaran yang inovatif, kesiapan sdm, dan ketersediaan sarana prasarana. Hasil analisis situasi kegiatan pengabdian masyarakat ini menerangkan minimnya kondisi pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) bagi murid sekolah dasar. Kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital dalam bentuk edukasi atau pemahaman cara kerja mesin dan aplikasi teknologi. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah murid-murid mim pondok kelas 4 sampai kelas 6 di Desa Pondok, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan pelatihan digital ditunjang dengan metode ceramah partisipatoris, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan melakukan pendampingan pada murid. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan digital yang telah dilakukan oleh murid mim pondok kelas 4 sampai dengan 6 mencapai hasil yang memuaskan. Setelah megikuti pelatihan tersebut para murid kelas 4 sampai dengan kelas 6 sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi <em>Microsoft Word</em> dan <em>Microsoft Excel</em>. Pelatihan digital tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi murid-murid MIM Pondok dalam mengoperasikan komputer dan meningkatkan keterampilan dalam penguasaan menggunakan aplikasi <em>Microsoft Word</em> dan <em>Microsoft Excel</em> serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pendidikan berupa rasa ingin tahu, kreatif, dan komunikatif.</p> 2021-02-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/195 Pemasangan dan Pendampingan Google Bisnis (Google Lokasi) Pada Biro Umroh Al Hijrah Tour Sebagai Sarana Pemasaran dan Peningkatan Eksistensi Perusahaan di Dunia Maya 2021-02-02T07:17:13+00:00 Muhammad Wahyuddin mw391@ums.ac.id Dewita Puspawati mw391@ums.ac.id Novel Idris Abas mw391@ums.ac.id <p><strong><em>Meskipun tidak sebanyak di Amerika Serikat, pebisnis di Indonesia sudah mulai menggunakan media teknologi informasi untuk meningkatkan branding perusahaan, memasarkan produk, meningkatkan eksistensi perusahaan, hingga memperkenalkan produk baru melalui teknologi informasi. Namun, tidak semua pebisnis di Indonesia mau menggunakan teknologi informasi sebagai penunjang aktivitas pemasarannya. Para pebisnis biro umroh cenderung merasa tidak perlu menjadikan teknologi informasi sebagai sarana penunjang aktivitas pemasaran karena merasa pemasaran offline sudah cukup baik sehingga tidak memerlukan teknologi informasi sebagai penunjang aktivitas pemasaran. Program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kesadaran penggunaan teknologi informasi dengan memberikan edukasi, informasi, dan pelatihan bagaimana menggunakan teknologi informasi yang baik dan benar serta membantu secara langsung untuk mengaplikasikan teknologi informasi dalam menunjang aktivitas pemasaran. Teknologi yang kami gunakan adalah tools yang diberikan oleh perusahaan Google yaitu Google bisnis dan Google lokasi. </em></strong></p> 2021-02-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/182 Pembukuan Akuntansi Sederhana untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Menggunakan Aplikasi Laporan Keuangan Mikro (Lamikro) pada Forum UMKM Surakarta 2020-08-13T10:46:21+00:00 Erma Setiawati erma@ums.ac.id Noer Sasongko noer.sasongko@ums.ac.id Rina Trisnawati rinatrisnawati@ums.ac.id Evi Dewi Kusumawati Evidevikusumawati@gmail.com <p>Pengabdian kepada Masyarakat yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengelolaan keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM)padaForum UMKM Surakarta (FUS). Manfaat secara umum adalah memberikan pelatihan kepada anggota FUS tentang pembukuan akuntansisederhana untuk UMKM. Manfaat pengabdian ini diarahkan untuk memberikan kemudahan dalam penyusunan laporan keuangan &nbsp;sehingga kelangsungan usaha dalam dunia bisnis yang berkesinambungan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat dapat teratasi. Metode pengabdian kolaborasi dengan ceramah, pelatihan, dan diskusi. Pelatihan akan dilakukan selama enam bulan.</p> 2021-02-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/181 Pelatihan Daring Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi: Habituasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Laku 2020-12-17T03:51:45+00:00 Yayah Khisbiyah yk115@ums.ac.id Aris Purwanto aris@gmail.com Paksi Hidayatulloh Paksi@gmail.com Ragil Setya Budi ragiil@gmail.com <p>Pancasila values ??must be inculcated in students comprehensively, not only at the cognitive level, but also in affective domain, which impact into behavioral domain and actions. To carry out this role, students must be able to understand, appreciate and also practice the values ??of Pancasila in everyday life. However, the values ??of Pancasila as a noble culture have begun to fade among students or the millennial generation, due to intrusion of alternative values ??and culture that are not in line with Pancasila, especially in the era of globalization. This activity focuses on goals to increase understanding, appreciation, and practice of the values ??of Pancasila in real life. The form of the activity is training for trainers for students. The methods used include: the presentation of the basic values ??of Pancasila, the elaboration of the Pancasila’s concept into behavior, and reflective guidance on actualizing the values ??of Pancasila in everyday life. Through this activity, students are expected to gain additional knowledge, increase understanding and motivation to put Pancasila values ??into practice. Furthermore, students are also expected to be able to carry out self-evaluation and strive to become agents of change in spreading Pancasila values ??to their peer groups and the general public.</p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Students, Change Agents, Pancasila</em></p> 2021-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/214 Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0 2020-12-07T05:17:12+00:00 Tri Mashudi eny.purwandari@ums.ac.id Rina Mariana Hesti eny.purwandari@ums.ac.id Eny Purwandari eny.purwandari@ums.ac.id <p>Komunikasi merupakan kebutuhan bagi manusia. Kemampuan komunikasi bersifat fitrah dan naluriah. Keterampilan berkomunikasi juga harus dimiliki siswa abad 21 yang harus memiliki keterampilan 4C. &nbsp;Tantangan dalam <em>public speaking</em> adalah mampu mengendalikan rasa takut dan menyampaikan informasi dengan percaya diri, mampu menyusun topik, materi dan gagasan, serta membuat pendengar mengingat dan melakukan perubahan atas gagasan yang diterimanya. Bakat, lingkungan dan latihan merupakan faktor yang membentuk <em>public speaking</em> yang baik. Program pelatihan <em>public speaking</em> yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di muka umum dan kepercayaan diri. Pelatihan <em>public speaking</em> juga menjadikan individu berpikir terbuka, kritis, dan berempati pada lingkungan sekitarnya. Setelah pelatihan para siswa meningkat rasa percaya diri, motivasi dan antusiasnya. Hal ini dikarenakan manfaat yang diperoleh bisa menunjang keterampilan akademik, organisasi dan juga menunjang karir mereka di masa depan.</p> 2021-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/179 Pengalaman Pembelajaran Santri Dari Permainan Tradisional Boy-Boyan 2020-08-13T14:14:54+00:00 Maya Setyarini mayasetyarini1@gmail.com Evi Uswatun Khasanah eviiie60@gmail.com Lika Hestyaningsih likahestyaningsih@gmail.com Sri Lestari sri.lestari@ums.ac.id <p>Permainan tradisional telah terbukti dapat menjadi sarana untuk mengembangkan karakter-karakter positif pada pemainnya. Permainan tradisional seringkali dimainkan secara bersama-sama sehingga ada interaksi sosial secara langsung di antara pemain. Proses interaksi antar pemain ini memungkinkan terasahnya kemampuan menjalin relasi sosial. Berbeda halnya dengan permainan dengan menggunakan telepon seluler yang dimainkan atau bersama secara virtual. Namun sayangnya, permainan tradisional kurang dikenal dan populer di kalangan remaja. Oleh karena itu, perlu upaya untuk mengenalkan permainan tradisional pada remaja. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengenalkan permainan tradisional boy-boyan sebagai alternatif kegiatan mengisi waktu luang. Pengabdian masyarakat ini melibatkan 32 orang santri dari pesantren Mahyajatul Qurro’. Kegiatan ini diawali dengan melakukan asesmen kebutuhan dengan wawancara pada santri dan mengamati kegiatan harian. Tahap pelaksanaan &nbsp;pengabdian masyarakat ini meliputi, menayangkan video permainan tradisional boy-boyan dan praktek bermain permainan tradisional boy-boyan. Kegiatan diakhiri dengan mengisi kuesioner terbuka Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah santri merasa senang karena merasakan keseruan saat bermain bersama dengan teman-teman, dapat berolahraga, melatih ketangkasan, dan melatih mengelola emosi. Permainan tradisional boy-boyan dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan dan dapat mengasah ketrampilan sosial pada santri.</p> 2021-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Abdi Psikonomi